SUNGAI SEHAT, BANJIR LEWAT


Minggu, 31 Maret 2019 saya mewakili KSR PMI UNIT IAIN TULUNGAGUNG menghadiri acara MAPALA HIMALAYA IAIN TULUNGAGUNG yaitu Bersih Sungai Desa Plosokandang untuk memperingati Hari Air dan Hari Bumi.

Saya berangkat dengan empat orang teman saya, yaitu Peni, Joko, Dyan, dan Iffa. Lokasi sungai yang dibersihkan yaitu sungai utara STIKIP PGRI TULUNGAGUNG. Adapun rangkaian acaranya yaitu, pertama sambutan ketua pelaksana Bersih Sungai Desa Plosokandang, sambutan Kepala Desa Plosokandang, dan dilanjutkan dengan penutupan doa.

Acaranya dimulai pukul 09.00. Sebelum bersih sungai dilakukan, kita dibagi dalam dua kelompok. Ada kelompok utara dan kelompok selatan. Akhirnya saya berada dikelompok utara bersama Joko, dan yang dikelompok selatan ada Peni, Dyan, dan Iffa. Kita bagi tugas terlebih dahulu sebelum memulai. Anak laki-laki bertugas turun ke sungai untuk mengambil sampah-sampah,

sedangkan yang perempuan berada dipinggiran sungai untuk mengambil sampah-sampah dari dalam sungai. Banyak sekali sampah plastik disana, ada juga sampah kayu-kayu akibat tumbuhan liar yang tumbuh di tepi sungai.
Banyak orang yang menyepelekan membuang sampah di sungai. Mereka-mereka yang membuang sampah di sungai, bisa dikatakan seseorang yang mempunyai pikiran sempit.

Mereka tidak memikirkan akibat dari sesuatu yang mereka buat. Bukan hanya orang lain, tapi keluarga mereka sendiri pun bisa menjadi korban juga. Jika sungai penuh dengan sampah, apa yang akan terjadi? Selain mencemari sungai bisa juga berakibat banjir yang akan merugikan kita sendiri juga.

Peran kita sebagai mahasiswa, kita bisa bersosialisasi kepada masyarakat sekitar. Kita sendiri pun harus bisa mencontohkan yang baik. Kita juga bisa ikut berpartisipasi untuk membersihkan sungai seperti acara ini.

 Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga kebersihan ini? Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Setidaknya mulai lah dengan diri sendiri untuk melakukan hal baik ini, setidaknya kita sudah bisa mengurangi.

 Jika sungai sehat, kita juga akan selamat. Terimakasih kepada MAPALA HIMALAYA IAIN TULUNGAGUNG yang telah mengadakan acara yang sangat bermanfaat ini, semoga acara ini tetap terlaksana dari tahun ke tahun. Semoga makin jaya.

Salam lestari.
Siamo Tutti Frateli.

0 Komentar